NHW #8 : Misi Hidup dan Produktivitas

Bismillah

Aaaaa sudah NHW#8 aja, bentar lagi kelas matrikulasinya selesai, tapi koq rasanya saya masih belumdapat apa-apa. Masih berusaha memahami dan menyusun setiap materi dan nice homework yang didapat tiap pekannya.

Nice Homework#8

Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)
Dari empat aktivitas SUKA dan BISA  yang saya tulis di kuadran aktivitas, saya memilih aktivitas mengajar, atau peran yang berkaitan dengan educator.

Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE  DO HAVE” di bawah
1. Kita ingin menjadi apa ? (BE)
Mengajar, berarti menjadi pengajar atau pendidik. Setelah menemukan pilihan aktivitas ini, saya ingin menjadi seorang ibu professional yang mampu mengajar/mendidik/memfasilitasi anak-anak dalam belajar serta menjadi ibu yang bermandaat di lingkungan masyarakat dengan cara mengajar/mendidik.

2. Kita ingin melakukan apa ? (DO)
Hal utama yang diperlukan untuk menjadi seorang pendidik adalah keteladanan dan ilmu. Maka yang akan dan harus saya lakukan adalah memperbaiki diri agar mampu memberikan keteladanan, menguatkan peran sebagai istri dan ibu, mencari ilmu dengan cara membaca, mengikuti majelis ilmu, berkomunitas, menulis.

3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)
Harapannya ingin memiliki rumah belajar berserta komunitasnya, ingin memiliki dan menghasilkan media pembelajaran berupa blog atau buku.

Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah
1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)

Menjadi ibu yang professional di dalam rumah, mendampingi suami dan anak2 berkembang, serta bermanfaat untuk masyarakat dengan memiliki ruang  rumah belajar dan komunitasnya. 
2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( strategic plan)

Berhasil melakukan perubahan di dalam diri dan keluarga  dengan mengokohkan pembiasaan baik dan mengamalkan ilmu2 bunda sayang, bunda cekatan dan ilmu2 parenting lain yang di dapat. Serta berhasil membantu anak2 memilih Pendidikan terbaik yang akan dijalaninya. 

3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)

Istiqomah melaksanakan amalkan yaumiah dan melakukan pembiasaan-pembiasaan baik, mengamalkan ilmu dari Matrikulasi IIP dan mampu menerapkan kurikulum Bunda Sayang dan Bunda Cekatan dalam keluarga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s