NHW #5 : Belajar Bagaimana Caranya Belajar dan Desain Pembelajaran (Part 2)

Bismillah

Pada bagian 2 ini saya mencoba mengaitkan materi desain pembelajaran yang sudah saya dapatkan dengan materi-materi dan nice homework yang sudah terima dan saya kerjakan.
Berdasarkan materi desain pembelajaran yang saya dapatkan, materi-materi dan nice homework yang diberikan Bunda Septi merupakan implementasi dari desain pembelajaran. Mari kita baca mindmap di atas.

Analisis
yang dilakukan pada tahapan ini adalah menganalisis kebutuhan peserta didik sehingga diketahui hal apa yang akan dipelajari. Begitu pun dalam NHW #1 yang diberikan, pada tahap ini kita diminta untuk menentukan jurusan yang akan dipelajari di universitas kehidupan ini. Bagi saya, yang akan dipelajari adalah hal yang sangat saya butuhkan yaitu pendidikan keluarga dan pengasuhan anak.
Hubungannya dengan NHW #3, di sana kami diminta menjelaskan potensi masing-masing anggota keluarga serta menjelaskan lingkungan tempat tinggal saat ini yang kemudian ditafakuri bagaimana maksud Allah dengan semua yang dihadapkan pada kita. Pada NHW #3 ini saya belum menjelaskan secara detail potensi dari masing-masing anggota keluarga (saya, suami dan anak) tapi setidaknya dari beberapa hal yang saya tulis tentang mereka (dan siri saya), saa mendapatkan gambaran apa yang mereka butuhkan sehingga harus saya pelajari dan harus saya ikhtiarkan.

Desain
Tahapan ini meminta untuk membuat blue-print atau rancangan mengenai tujuan pembelajaran dan strategi yang akan dilakukan, dan ini ada pada NHW #2 dan NHW#4 yang telah dikerjakan. Pada NHW #4 kami diminta untuk menuliskan misi spesifik kami di muka bumi beserta bisang dan peran yang akan kami lakukan. Selain itu kami diminta untuk menentukan ilmu apa saja yang akan kami pelajari serta target waktu pencapaian misi tersebut. Pada NHW# 2 kita diminta membuat indikator-indikator menjadi ibu profesional  (sebagai individu, istri dan ibu). Indikator tersebut merupakan turunan atau penjabaran dari tujuan yang ingin dicapai sehingga indikator tesebut dibuat menggunakan rumus SMART (spesific, measurable, applicable/achievable, realistic, dan time). Tujuan bisa dilihat dari misi spesifik, bidang dan peran pada NHW #4. Adapun strategi yang akan dilakukan, sebetulnya ada sekilas pada NHW #1, namun belum terlalu rinci.

Pengembangan
Ini adalah tahap yang senantiasa dilakukan dari waktu ke waktu, setiap ada pembelajaran baru yang didapatkan. Yang sedang saya lakukan pada tahap ini adalah melakukan perbaikan pada setiap nice homework yang sudah dikerjakan (walaupun belum bisa semuanya), lalu mempersiapkan dan mengadakan kebutuahan dari setiap uraian nice homework yang sudah dikerjakan, misal pengadaan lembar penilaian indikator, menyiapakan buku-buku sebagai sumber ilmu, dll.

Implementasi
Pun dengan tahapan ini, sedang mencoba mengimpelentasikan indikator-indikator yang ada dalam NHW #2 dan terus belajar untuk menuju misi spesifik hidup.

Evaluasi
Evaluasi rencananya akan dilakukan setiap pekan, bulan, dan tiga bulan. Setiap pekan dilakukan untuk melihat ketercapaian indikator yang telah dibuat, jika terlalu sulit dilakukan, dengan lapang dada harus menurunkan standar agar lebih mudah tercapai dan bisa naik tingkat, tentu dalam rangka menjaga kewarasan saya juga sebagai ibu yang sedang hamil tua dengan batita yang sedang sangat aktif 😀

Lalu lalu lalu, pembelajaran seperti apa yang akan saya lakukan?

Selama ini saya lebih mudah belajar jika saya sudah menemui masalah tersebut dalam praktikal sehari-hari. Seperti memahami materi kuliah, ternyata saya lebih paham ketika saya harus mengajarkannya pada murid. Saya belajar berorganisasi, sangat sulit memahami alur kerja yang dijelaskan para senior, namun dengan saya melakukannya, ternyata saya paham bagaimana alurnya. Begitu pun dengan menjadi seorang istri dan ibu dengan sejuta amanah dan sekelumit persoalan di dalamnya, beberapa yang berhasil saya pahami juga seperti itu. Dulu awal menjadi ibu, teori-teori tentang menyusui sudah saya lahap, namun ternyata tidak semuanya paham, barulah ketika sudah praktik menjadi mualai paham apa yang dimaksudkan.

Tentu kesemuanya itu tidak bisa semuanya dilakukan dengan praktik terlebih dulu, ada ilmu yang harus dipersiapkan sebelum dipraktikan agar tidak kaget jika menghadapi kesulitan. Yang saya rasakan, gaya belajar yang lebih mudah saya lakukan untuk mempelajari suatu ilmu didominasi dengan cara melihat (visual) yang dikuatkan dengan mendengar (audio). Jika saya membaca, saya harus segera menuliskannya atau menggambarnya berupa mindmap,  itu akan lebih memudahkan saya dalam belajar. Dengan begitu saya dapat mengulang-ngulang materi tersebut dengan mudah. Namun itu pula yang menjadi kelemahan saya, saya belum rajin untuk menuliskan/menggambarkan setiap materi yang saya dapat. Maka mulai sekarang, saya akan berusaha untuk menyiapkan buku khusus tempat untuk menuangkan materi-materi yang saya dapatkan. Gaya belajar lain yang mendukung proses pembelajaran saya secara visual adalah dengan audio, namun butuh konsentrasi yang kuat untuk gaya belajar yang ini, apalagi hanya berbentuk audio.

Nah, pada akhirnya setelah mempelajari ilmu yang saya butuhkan, saya cukup yakin akan lebih paham jika saya sudah menemukannya di lapangan. Tentu yang dipelajari dengan yang ditemukan tidak selalu sama, nah improvisasi ini yang membuat aha moment setiap orang berbeda.

Termasuk waktu belajar, untuk belajar yang sifatnya teori. Setelah subuh adalah waktu yang paling baik untuk saya belajar, selain hari dan pikiran masih fresh, suasana pun lebih tenang dan sunyi. Kendalanya, ada beberapa target harian dan pekerjaan domestik yang harus saya kerjakan pula setelah subuh. Maka langkah selanjutnya adalah membuat prioritas dan jadwal kegiatan yang lebih efektif untuk belajar dan praktik. (Hmmm.. Peer lagi >_<)

Alhamdulillah.

 

Leave a Reply

