Nicehomework #4 Sebuah Perjalanan

NHW #4 Mendidik dengan Kekuatan Ftrah

_Lakukan saja meskipun Anda belum paham, karena Allah lah yang akan memahamkan Anda lewat laku kehidupan kita_

Kalimat di atas sangat cocok dengan kondisi saya saat ini, masih belum paham dengan materi #4 yang semakin sulit ini. Setidaknya dengan adanya kalimat di atas, tidak lantas membuat saya khususnya merasa putus asa. Kalau melihat beberapa hal, fitrahnya memang selalu begitu. Misal, saat belum memiliki anak, kita tidak paham setiap kali ada anak bayi menangis maunya apa. Begitu pun ketika sudah memiliki anak, mungkin di awal kita masih meraba-raba arti tangisan  sang bayi. Kita lakukan apa saja yang mungkin dia inginkan, sambil sedikit demi sedikit memahami setiap maksud yang ingin disampaikannya. Hingga akhirnya dengan pertolongan Allah, kita paham apa yang bayi inginkan dan butuhkan. Begitu pun dengan materi sekarang, saya yakin akan ada saat nya saya paham, tentu dengan ikhtiar sedikit demi sedikit.

NHW#1

Apakah masih memilih jurusan tersebut? Jawabannya YA. Saya semakin yakin, dengan kekokohan dalam keluarga, akan mengantarkan kami  pada kebermanfaatan. Inside out. Evaluasi secara sekilas yang saya lakukan terhadap kegiatan yang saya lakukan di luar rumah adalah tidak kokohnya “saya” di dalam rumah. Keinginan saya berbuat untuk orang lain terlalu besar, mengalahkan keharusan saya untuk memperbaiki diri sendiri dan menata keluarga terlebih dulu.

NHW #2
Ini yang masih menjadi PR besar, 2 pekan berjalan masih belum konsisten dalam mengisi checklist harian. Ada beberapa checklist harian yang belum dibuat turunanya, ada pula checklist yang belum diatur waktunya, sehingga dari hasil evaluasi ada beberapa yang diubah dan ditambah.

NHW#3

Dalam NHW #3 saya menemukan bahwa Allah menghadirkan saya untuk mengajar. Seperti yang telah diceritakan pada NHW sebelumnya, saya sangat bahagia berada di tengah anak-anak (siswa)  untuk mengajar, berbagi ilmu.
Belajar untuk mengajar, itu yang saya tuliskan di NHW #3. Mengajar/ mendidik diri sendiri, mendidik keluarga, mendidik anak-anak, dan mendidik masyarakat mudah-mudahan kedepannya bisa dilakukan, insyaallah. Kaitannya dengan ilmu yang saya pelajari di universitas kehidupan yaitu tentang pendidikan keluarga termasuk di dalamanya pengasuhan anak, target pertama dan utama adalah diri sendiri dan keluarga.

Misi hidup : Belajar untuk mengajar
Bidang : Pendidikan keluarga dan pengasuhan anak
Peran : pengajar dan fasilitator

Ada pun tahapan ilmu yang harus dikuasai untuk menuju misi tersebut, saya menggunakan kurikulum IIP yang sudah ada.
1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang lain
5. Tumbuh kembang anak dan stimulasi sesuai usia

Milestone

KM 0 – KM 1 ( 2tahun >> Desember 2016 – Desember 2018 ) : Menguasai ilmu seputar bunda sayang dan bunda cekatan, ilmu tentang tumbuh kembang anak dan cara menstimulasinya sesuai usia

KM 1 – KM 2 (2 tahun >> Desember 2018-Desember 2020) Menguasai pendidikan prasekolah dan homeschooling

KM 2 – KM 3 (2 tahun >> Desember 2020 – Desember 2022 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif

KM 3 – KM 4 (2 tahun >> Desember 2022 – 2024) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha

Setelah menyusun ilmu yang dibutuhkan, ternyata checklist yang dibuat perlu disempurnakan dengan menambahkan beberapa poin lagi.

Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan!
Bismillahitawakaltu ‘alallah lahaula wala quwwata illa billah..

Leave a Reply

