Nice Homework #2 Menjadi Ibu Profesional Kebanggaan Keluarga

Bismillah.

Sampai di materi ke dua, tentang menjadi ibu profesional.  Materi ini membahas cara menjadi seorang perempuan yang bangga dengan amanahnya sebagai seorang ibu dan senantiasa memantaskan diri dengan mencari ilmu agar dapat mengelola rumah tangga dan mendidik anak dengan baik. Tentu untuk menjadi seorang yang profesional perlu waktu dan perjuangan yang panjang, sehingga dari materi yang telah di sampaikan, kami mendapatkan tugas untuk membuat checklist indikator profesionalisme kami sebagai seorang perempuan yang meliputi amanah sebagai individu, sebagai istri dan sebagai ibu.

Adanya NHW ini bagi saya membuka jalan untuk kembali mengamalkan materi pertama pada tahapan Bunda Sayang, yaitu komunikasi produktif. Untuk mendapatkan indikator sebagai istri yang membuat suaminya bahagia, tentu saya harus menanyakan jawabannya pada suami. Ini membuat saya kembali bernostalgia dengan tugas bahasa Indonesia beberapa tahun silam saat harus membuat janji dengan narasumber untuk malakukan wawancara 😀 Perjalanan pernikahan kami yang menginjak 43 bulan membuat saya mulai memahami karakter suami, maka benar, komunikasi produktif itu bisa dilakukan pada  waktu yang tepat. Saat suami hadir penuh untuk kita dan ini membuat waktu diskusi semakin efektif. Tahapan mengerjakan NHW #2 ini kalau saya rinci, sebagai berikut:

  • Memahami materi yang telah disampaikan
  • Buat rangkuman materi, saya buat dalam bentuk mindmap agar terlihat alur secara keseluruhan
  • Buat janji dengan suami untuk membahas NHW ini
  • Buat coretan atau perkiraan indikator sebagai individu, istri dan ibu versi pribadi
  • Diskusi bersama suami.
  • Obrol ringan dengan Shidqi, walaupun gak yakin dia paham :3
  • menuangkan hasil diskusi ke dalam tulisan

Saat diskusi dengan suami, sebelumnya saya jelaskan secara singkat tentang isi materi, lalu saya tanyakan NHW yang harus saya kerjakan. Setelah yakin tidak ada lagi yang beliau sebutkan, saya perlihatkan coretan indikator yang sudah saya buat. Lalu beliau koreksi kembali mana yang sesuai dan tidak. Sekalian minta koreksi tentang indikator sebagai individu dan sebagai ibu. Ternyata eh ternyata, apa yang saya tulis sebelumnya tidak jauh berbeda dengan apa yang suami sampaikan. Bahkan ekspektasi saya untuk menjadi seorang istri yang “bla..bla..bla..” lebih tinggi dibandingkan dengan ekspektasi suami. Sederhana sekali permintaannya. Sebetulnya permintaannya itu setiap hari beliau sampaikan, tapi tanggapan saya tidak seserius kali ini. Kali ini saya merasa termehek-mehek mendengar beberapa poin tersebut, ternyata itulah membuat suami saya merasa sangat bahagia. T_T . Mudah-mudahan tantangan awal untuk bisa menjadi ibu profesional ini bisa saya laksanakan dengan baik dan istiqomah.

Setelah saya buat dalam bentuk tabel, inilah indikator profesionalisme saya sebagai perempuan dalam menjalankan amanah sebagai invdividu, istri dan ibu. Indikator ini merupakan tahapan awal dan hal terkdekat yang harus saya laksanakan.

Selanjutnya, tabel di bawah berisi lembar penilaian yang harus diisi oleh suami dan anak, karena anak belum mampu mengisinya, jadi saya serahkan pengisian tersebut pada suami.

 Indikator tersebut akan dievaluasi setiap satu pekan selama 3 bulan. Selanjutnya akan ada evaluasi besar, kemungkinan ada penambahan indikator sebagai peningkatan kualitas diri sebagai individu, istri dan ibu.

Semoga Allah senantiasa menolong saya dalam melaksanakan ikhtiar ini dengan baik dan istiqomah, serta menolong saya untuk senantiasa meluruskan niat dalam menjalankannya. Aamiin.

La haula wa la quwaata illa billahil’aliyil adzim.

Catatan: Gambar tabelnya kurang sempurna, insyaallah segera disempurnakan.

Advertisements

One thought on “Nice Homework #2 Menjadi Ibu Profesional Kebanggaan Keluarga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s