Shidqi dan Menyikat Gigi 

21 Oktober 2016

Harus selalu sadar bahwa semuanya adalah proses. PR nya adalah bagaimna menikmati setiap proses itu dengan hati dan jiwa yang bahagia. Dan ini butuh perjuangan. 
Seperti sekarang, saat Shidqi sudah sampai pada waktu sadar untuk menyikat gigi, rasanyaaaa luar biasa sekali. Walaupun terlambat, karena 4 gigi atas sudah rusak (karies) tapi saya tetap bersyukur Shidqi sudah mau sikat gigi dengan kemauannya sendiri. Saat saya dengan leluasa menyikat setiap sudut giginya, atas bawah depan belakang tanpa penolakan dan amukan, saat itu saya benar-benar merasakan pertolongan Allah. Terkadang ada monolog dalam hati, “kenapa gak dari dulu atuh Ka kaya gini teh.” Tapi dengan cepat saya hapus pikiran seperti itu, berarti saya tidak bersyukur dengan yang terjadi saat ini. Alhamdulillah, semoga konsistennyaa Ka 😘 

Kalau napak tilas, sebetulnya saya dan suami sudah cukup awal mengenalkannya dengan sikat gigi, sounding tentang kesehatan gigi, beli buku tentang pentingnya sikat gigi, dan cara-cara yang lain. Awalnya mau, tapi mulai usia setahunan lebih, sudah mulai menolak bahkan ngamuk kalau sudah waktunya sikat gigi. Saya yang tidak biasa memaksa ( alasannya khawatir trauma dan memang sulit melakukannya) jadi seakan pasrah dengan keinginan Shidqi. Saya ikhtiar lagi dengan membersihkan giginya setiap ia tidur, tetapi ternyata cukup sulit (selalu saja ia terganggu, guling sana guling sini 😂). Belum lagi raga yang lelah dan terlena dengan aktivitas “ngelonin” Shidqi, akhirnya komitmen membersihkan gigi setelah ia tidur pun gagal. Baru sejak beberapa bulan ini saya baru bisa menemukan waktu tidur (saat kapan) saya bisa cukup leluasa membersihkannya, itu pun tidak konsisten. Hufth.. 

Perjalanan belajar menyikat gigi ini belum selesai. Masih ada kekhawatiran dalam diri saya kalau-kalau kesadarannya menyikat gigi hilang kembali, huhuuu.. Bismillah, Lahaula Walaa quwata illa billah.  

Leave a Reply

