Membuka Catatan Tugas Pelajaran Akhlak

Tiba-tiba ingat salah satu tugas pelajaran akhlak ketika di pesantren dulu.  Ada beberapa tugas yang ustadz berikan kepada kami selama proses pembelajaran, diantaranya :
1. Setiap santri harus memiliki WC pribadi untuk dibersihkan.  Jadi selama sekian hari (saya lupa tepatnya berapa hari) kami harus membersihkan WC tersebut.  Ada yang di WC mesjid, kampus, dan WC umum lainnya. 
Yang unik, ternyata tidak hanya kami sebagai santri yang mendapatkan tugas seperti itu, para karyawan pun bahkan para ustadz lainnya pun mendapatkan tugas yang sama.  Pantas saja saya pernah melihat terpampang nama ustadz/karyawan di pintu WC mesjid, ternyata WC tersebut menjadi tugasnya untuk dibersihkan. 
Tujuannya melatih jiwa tanggung jawab juga kepekaan terhadap fasilitas umum. 
2. Kami diharuskan memungut sampah sepanjang perjalanan dari asrama ke masjid, setiap hari selama sekian hari. Ini juga sama, masih melatih kepekaan kami terhadap kebersihan lingkungan sekitar.  Jadi di Ponpes DT asuhan Aa Gym ini memiliki rumus, satu meter ke kanan, kiri, depan dan belakang kita adalah tanggung jawab kita. Jika ada sampah, harus diambil. 
3. Setiap hari kami harus mendeteksi penyakit hati apa yang muncul dalam diri kami selama aktivitas seharian.  Ternyata tugas ini cukup efektif untuk benar-benar “ngeh” bahwa saat itu kami sedang berpenyakit hati.  Dengan begitu, kami sesegera mungkin untuk istighfar.  Tugas ini kaitannya dengan alarm hati, kalau alarm nya berfungsi dengan baik, hati  akan dengan cepat merespon dan meluruskan jika ada perasaan atau penyakit yang muncul. Tapi jika alarmnya rusak (karena dosa-dosa), hati cenderung tak akan meluruskan apa yang sebenarnya salah.

Itulah tiga tugas pelajaran akhlak yang masih hangat dipikiran saya, walaupun pada praktiknya masih belum bisa sepenuhnya dijalankan. 
Semoga kita senantiasa dimudahkan untuk mencontoh Rasulullah yang seluruh akhlak baik ada padanya.  Allahuma shali’ala Muhammad, wa ‘ala ali Muhammad. 

#ODOPfor99days
#day89

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s