Mie Wortel ala Bunda Irna

image

Hari Ahad, harinya suami nonton TV. Ada acara favorit setiap hari Ahad jam 16.30 di stasiun TV R*TI, pada tau gak? Iyes, Ninja Warrior.  Setiap pekan selalu nonton ini, setiap tantangannya bikin seisi rumah pada tegang apalagi kalau ada mamah, wiiih rame banget teriak-teriak tegang.. Wkwkwk
Nah, berhubung ayah bunda mamah bapaknya nonton, Shidqi juga suka ikutan nimbrung. Dia mah biasa aja pas nonton Ninja Warrior nya, tapi kalau udah ada iklan mie instan heboh sendiri  langsung rayu saya buat bikinin mie.  Spontan deh ayahnya langsung kasih instruksi, “Bunda, ayooo bikin mie? Ada kan bahannya?”
Sambil rada mikir, saya mengiyakan.  Qadarullah tadi siang habis dapat resep mie bayam yang simpel, mudah-mudahan berhasil.  Tapi karena gak ada bayam, saya ganti wortel supaya ada sari-sari sayurannya. 

Ini bahan asli dari Mba Leliana Pongoh di grup masak Langsung Enak. 
Bahan-bahan Mie Bayam
1. Terigu segitiga biru 250gr
2. Telur 1 butir
3. 80 ml air bayam dari 25gr bayam
4. Garam 1/2 sdt
5. Tepung kanji 1 sdm

Bahan di atas saya modifikasi sesuai persediaan bahan yang ada di rumah. 
Bahan-bahan Mie Wortel
1. Tepung terigu 200gr (saya pakai yg curah)
2. Tepung kanji 1 sdm
3. Telur 1 butir
4. 70ml air wortel
5. Garam 1/2 sdt

Cara
1. Campur semua bahan (kecuali air wortel), uleni.
2. Tambahkan air wortel sedikit demi sedikit sampai kalis (saya airnya bersisa)
3. Setelah kalis, giling di diliangan pasta nomor 1,2,4
4. Setelah nomor 4 taburkan sedikit tepung terigu pada permukaan hasil gilingan, lalu giling kembali di gilingan mie.  Lakukan sampai habis.
5. Didihkan air, setelah mendidih masukan mie yang sudah digiling. 
6. Matang, angkat. 
7. Hidangkan dengan bumbu kesukaan 🙂

image

Sip, Alhamdulillah berhasil.  Mie kenyal tanpa nempel-nempel satu sama lain.  Kalau dulu pertama kali bikin suami bingung, ini mie atau candil, wkwkwk..  Ternyata tepung kanji nya kebanyakan, hihiii.. 
Untuk bumbunya, saya buat ayam kecap sederhana, jadi mie yang sudah matang tinggal dicampur kuah ayam kecap, jadilah mie ayam kw. Hehee.. 

image

Tips, ketika merebus,mie harus sambil diaduk khawatir ada yang nempel.  Harusnya air rebusan dikasih minyak sedikit (katanya sih menghindari mie pada nempel) tapi tadi saya lupa.  Oia ja gin terlalu lama merebus nya.  Tadi karena sambil nonton Ninja Warrior jadi gak kontrol, tapi tetep wuueeenak Alhamdulillah. 

Ada cerita lucu saat rebusan pertama selesai, karena Shidqi udah gak sabar mau mie, akhirnya mie yang sudah matang saya kasih garam sedikit dan kecap (kuah ayam kecap belum jadi).  Aduk-aduk, saya coba rasanya cukup, lalu kasihkan ke Shidqi.  Eh dia nya gak mau disuapin.  Saya yakin dia bisa sendiri, saya kasihlah itu mangkuk mie beserta sendok dan garpunya. Lalu saya lanjut menggiling adonan yang masih ada.  Daaaan apa yang terjadi saudara-saudara? Itu mie yang baru yang masih banyak ia taburkan seabreg terigu yang sebelumnya ia mainkan. Yaa Allah Nak, kreatif sekali dirimu..  😆
Shidqi pun menjadi perhatian semua penonton Ninja Warrior di ruangan itu.  Ckckck.. 

image

image

“Memang salah kami Nak, babak final Ninja Warrior membuat kami sejenak membiarkanmu sibuk sendiri.”
Sambil Shidqi terus memainkan masakannya, mie kloter kedua sudah matang, langsung mama suapin Shidqi dan Alhamdulillah ia suka..  Yeeeay!!

Selamat mencoba teman-teman! 🙂

#ODOPfor99days
#day86

Leave a Reply

