Kalau lagi gak mau nulis, emang buntu. Walaupun ide tulisan sudah ada dan waktu luang banyak, tapi kalau mood menulis lagi jalan-jalan entah kemana, sudah buyar semuanya. Waktu yang ditunggu-tunggu untuk menulis, lewat begitu saja.  Seperti sekarang  ini, sebetulnya sudah ada dua draft tulisan yang belum rampung, ditambah beberapa ide yang belum sempat dibuat draft.

Yapyap, dan saya menemukan salah satu penyebabnya, tepat pada saat saya mulai menulis tulisan ini. Banyaknya rencana yang ingin segera saya laksanakan.  Ya, itu dia salah satu penyebabnya.  Beberapa hari ke belakang ada dorongan lagi untuk merealisasikan taman baca yang beberapa bulan lalu sempat direncanakan.  Tepatnya ada permintaan les mata pelajaran untuk anak SD sih, tapi ujung ujungnya sekalian aja buka taman baca tea, hmmm.. 
Tapi memang obrolan itu membuat saya kembali merenungkan “kebermanfaatan”  saya di lingkung masyarakat.  Setelah saya lama tinggal di Bandung lalu bolak balik ke Subang dengan beberapa program kerja karang taruna yang sekarang entah seperti apa kabarnya, saya kembali saat ini dengan statis menikah dan sudah memiliki anak.  Dan ini menjadi tantangan tersendiri ketika harus turun kembali ke masyarakat.  Melihat kondisi pergaulan anak-anak dan remaja saat ini yang sudah mengkhawatirkan, memang sudah sepatutnya kita bergerak, minimal untuk lingkungan kita sendiri. Dan ini menjadi salah satu tanggung jawab saya, sebagai orang yang paham. Ini bukan masalah saya lebih paham dibandingkan mereka, tapi sebagai rasa tanggung jawab terhadap apa yang sudah saya tahu.

Leave a Reply

