Persamaan bentuk : Bermain Hanger

image

Masih di hari yang sama, jumat berkah. Ternyata memang anak-anak itu cepat bosan, walaupun kebosanan tersebut beberapa jam atau beberapa hari lagi akan ia ulang kembali. Maka sudah sangat wajib bagi orang tua untuk menyiapkan beberapa macam aktivitas menyenangkan dan bermakna bagi anak agar tidak timbul gejala yang tidak menyenangkan dari sang anak.

Bagi sebagian ibu, seperti saya khususnya, menyiapkan aktivitas bukanlah hal yang mudah (mungkin karena faktor belum biasa). Apalagi kalau harus menyiapkan media tertentu yang harus diusahakan dulu (baca:dibeli). Mending kalau bisa diikhtiarkan di tempat yang dekat, kalau jauh, ya sudah dadah babay, gak jadi beraktivitas. Wkwkwk..
Tapi memang tuntutan untuk seorang ibu itu harus kreatif. Sebetulnya anak sih yang lebih kreatif, karena biasanya mereka yang lebih dulu berinisiatif sendiri untuk memainkan apa pun yang ada di hadapannya, selanjutnya tinggal kami orangtuanya yang mengarahkan agar permainannya lebih bermakna.

Seperti dalam foto ini, ini adalah lanjutan aktivitas menjemur saya, yang sebelumnya terjadi drama memperebutkan hanger 😝
Sisa hanger ini selalu Shidqi mainkan dengan menggantungkannya di tempat strategis seperti rak tv, sepeda, gagang pintu atau treadmill. Nah kali ini karena yang ada di hadapannya adalah treadmill nganggur, maka itulah yang jadi sasaran. Target pertama adalah hanger kawat polos, berjalan menuju treadmill, nanjak dikit di treadmill, sampai, pasang (gantungkan hanger), ulangi pada hanger selanjutnya dan selanjutnya. Saya tak banyak berkomentar atau berintruksi, hanya sesekali mengapresiasi dengan memujinya dan memintanya untuk berhati-hati ketika berjalan di treadmill karena cukup licin. Dan selesai sampai hanger terakhir.

Yang jadi perhatian saya adalah susunan hanger yang Shidqi gantungkan. Ternyata rapi berjajar mulai hanger yang sejenis dan serupa, lalu dilanjutkan dengan hanger lain yang berbeda warna dan model. Hebat! Belajar lagi memisahkan barang yang memiliki persamaan. Motorik kasarnya juga terlatih dengan naik turun di lintasan miring dan cukup licin (treadmill). Kebayang dong harus ada strategi khusus supaya tetap seimbang di lintasan seperti itu. Motorik halusnya pun terlatih ketika ia memasang hanger ke tiang treadmill. Selain itu, emosi yang masih naik ketika kesulitan mengerjakan sesuatu juga ada di kegiatan ini. Hanger yang kalau berdekatan tiba-tiba menyatu lalu berbelit rumit membuat Shidqi tak sabaran. Maka di sini saya harus siap untuk meredakan emosinya.

Saya yakin, munculnya ide-ide ini bukan tanpa sebab, dan membaca adalah salah satu penyebabnya.
Keep learning with reading!!

Jumat, 12 Fébruari 2016

#Shidqi #JurnalShidqi #edugame

#ODOPfor99days
#day30

Advertisements

3 thoughts on “Persamaan bentuk : Bermain Hanger

  1. Wah, ini bisa jadi tema blog yang bagus dan sangat bermanfaat: Menyiapkan aktivitas anak dengan benda-benda sehari-hari yang ada di rumah, nggak perlu beli. Sudah ada belum ya? Blog-blog ODOP For 99 Days sepertinya nggak mengambil tema terspesialisasi. Yang kutahu cuma blognya Mbak Nurlienda..

    Like

    • Ini komen nya baru saya baca Miss, maaf 😂 saya baru tau kalau komen harus di approve dl, hihii..

      Sepertinya kalau yang ambil fokus tema itu belum ada, Termasuk saya Miss, temanya masih senyangkutnya, hihii

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s