Oleh-oleh Shidqi Sakit

image

Berhari-hari tanpa HP jadi gak kerasa kalau anak lagi sakit, dan betul betul butuh perhatian ekstra. Mungkin ini hikmahnya HP tak bisa bisa dengan mudah di charge, kejadian HP kelelep kolam renang membuat saya bisa lebih sabar dan qanaah saat beberapa waktu harus tanpa HP 😆 Ini pula yang membuat saya tak bisa setoran ODOP selama satu pekan, selain karena Shidqi sakit, desktop juga sakit, akhirnya saya rela untuk tidak menulis selama sepekan kemarin. Walaupun suami sudah menyiapkan alat tulis, tapi apalah daya, banyak alasan 😑

Jadi ceritanya begini, hari selasa ketika berobat ke dsa, tiba tiba tanpa obrolan panjang dsa langsung memvonis Shidqi harus dirawat inap, tanpa pikir panjang saya dan mamah langsung masuk IGD rumah sakit terdekat. Tak banyak yang saya pikirkan saat itu, yang penting saya ikhtiar terbaik buat Shidqi yang kata dokter sudah dehidrasi. Tanpa saya cek sendiri berdasarkan sedikit ilmu yang sudah saya dapat ttg gejala dehidrasi, saya langsung ketakutan dengan pernyataan dokter tersebut. Mungkin ini efek kabar sehari sebelumnya tentang meninggalnya anak teman saya yang baru berusia 12 hari akibat kurang oksigen. Sudah aneh aja pikiran ini, dan pada saat seperti itulah saya benar-benar takut kehilangan Shidqi. Memang khawatir, sejak demam dan méncrét dari hari sabtu, Shidqi tak mau makan. Hanya sedikit air minum dan makanan yang masuk, alhamdulillah ASI masih mau. Padahal beberapa hari sebelumnya, makannya lahap, bahkan ada drama ngajak ke dapur buat ambil makan. Wallahu’alam penyebabnya apa, memang banyak kemungkinan, selain Shidqi masih dalam masa pengobatan flek paru-paru yang baru masuk bulan ke tiga, saya dan suami nekat bawa dia ke rumah nenek kakeknya dan uyutnya pake motor.  Perjalanan cukup jauh dan pergantian cuaca dari panas ke dingin mungkin juga salah satu jalannya. Selain itu, hari sebelumnya (jumat), pagi sampai siang dia asik main air di depan rumah, sampai celananya basah. Sorenya main di luar tanpa jaket padahal udara cukup dingin. Belum lagi mandi plus kuramas tiap hari. Yang terakhir, gigi taring dan geraham bawah kiri kanan sudah mau muncul, ini yang saya yakini jadi penyebab demam dua hari sampai 38,7 dcl. Nah kalau méncrét nya kemungkinan karena masuk angin, pengalaman saya kalau masuk angin akut suka méncrét kagak nahan 😑
Nah selama dua hari itulah Shidqi gak mau makan, minumnya juga sedikit padahal kalau minum ngaleklek pisan. Kebayang, méncrét terus dengan volume cukup banyak tanpa ada cairan dan makanan masuk, lemesnya pasti pake bangeeet. Nah yang paling khawatir dan aneh adalah air seninya warna kuning keruh, awalnya bening, tapi diakhiri warna kuning keruh. Setelah saya coba gugling, katanya bisa jadi infeksi saluran Kemis, dehidrasi, dan lainnya saya lupa lagi. Ternyata yang saya baca sesuai dengan yang dokter bilang, ya sudah cocoook, makin khawatir. Sebetulnya lebih khawatir kalau terjadi sesuatu dengan ginjalnya, berhubung doeloe banyak banget cerita tentang bayi gagal ginjal, dan sebagainya. Ya kekhawatiran ini juga memang berdasar sih, suami dan saya khususnya tidak sungguh-sungguh membatasi makanan dan minuman yang boleh Shidqi konsumsi.

Dan setelah kejadian ini, ada beberapa hal yang saya jadikan catatan penting.
1. Tidak membawa Shidqi pergi jauh pakai motor, termasuk ke rumah nenek kakek dan uyutnya.
2. Lebih Berhati-hati dengan permainan air, jangan sampai basah-basahan yang basah kuyup
3. Batasi penggunaan kipas angin
4. Tiadakan minuman tinggi gula apalagi yang gelasan atau botolan
5. Perhatikan betul asupan makanannya
6. Berdoa terus sama Allah agar Shidqi diberikan rasa nikmat dalam mengkonsumsi makanan sehat khususnya sayur dan buah. Juga n berdoa terus agar Allah menyempurnakan pertumbuhan dan perkembangan Shidqi.

Aamiin.. 

#ODOPfor99days
#day21

Leave a Reply

